My Album


Senin, 07 Oktober 2013

Sofskill Minggu 2 #Ekonomi Koperasi

Pengertian dan Prinsip-Prinsip Koperasi
Koperasi adalah suatu kumpulan orang – orang untuk bekerja sama demi kesejahteraan bersama.
Koperasi Indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak social dan beranggotakan orang – orang, badan - badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
Koperasi berkaitan dengan fungsi - fungsi :
·         fungsi sosial
·         fungsi ekonomi
·         fungsi politik
·         fungsi etika

A. Definisi Koperasi menurut ILO
Dalam definisi ILO terdapat 6 elemen yang dikandung dalam koperasi, yaitu :
·         Koperasi adalah perkumpulan orang-orang
·         Penggabungan orang-orang berdasarkan kesukarelaan
·         Terdapat tujuan ekonomi yang ingin dicapai
·         Koperasi berbentuk organisasi bisnis yang diawasi dan dikendalikan secara demokratis
·         Terdapat kontribusi yang adil terhadap modal yang dibutuhkan
·         Anggota koperasi menerima resiko dan manfaat secara seimbang

B. Definisi Koperasi menurut Chaniago
Drs. Arifinal Chaniago (1984) dalam bukunya Perkoperasian Indonesia memberikan definisi, “ Koperasi adalah suatu perkumpulan yang beranggotakan orang - orang atau badan hukum yang memberikan kebebasan masuk dan keluar sebagai anggota dengan bekerja sama secara kekeluargaan menjalankan usaha untuk mempertinggi kesejahteraan jasmaniah para anggotanya”.

C. Definisi Koperasi menurut Dooren
Menurut P.J.V. Dooren tidak ada satu definisi koperasi yang diterima secara umum. Disini Dooren memperluas pengertian koperasi, dimana koperasi tidak hanya kumpulan orang-orang melainkan juga kumpulan badan-badan hukum.

D. Definisi Koperasi menurut Hatta
Definisi koperasi menurut “Bapak Koperasi Indonesia” Moh. Hatta adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong-menolong.

E. Definisi Koperasi menurut Munkner
Munkner mendefinisikan koperasi sebagai organisasi tolong – menolong yang menjalankan “urusniaga” secara kumpulan, yang berazaskan konsep tolong – menolong. Aktivitas dalam urusniaga semata - mata bertujuan ekonomi, bukan social seperti yang dikandung gotong - royong.

F. Definisi UU No.25 / 1992
Koperasi adalaah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi, dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat, yang berdasar atas azas kekeluargaan.
5 unsur koperasi Indonesia
·         Koperasi adalah badan usaha
·         Koperasi adalah kumpulan orang - orang atau badan hukum koperasi
·         Koperasi Indonesia , koperasi yang bekerja berdasarkan prinsip - prinsip koperasi
·         Koperasi Indonesia adalah gerakan ekonomi rakyat
·         Koperasi Indonesia berazaskan kekeluargaan

Prinsip - Prinsip Koperasi

·         Prinsip Koperasi menurut Munker
Menurut Hans H. Munkner ada 12 prinsip koperasi yakni sebagai berikut.
1.      Keanggotaan bersifat sukarela
2.      Keanggotaan terbuka
3.      Pengembangan anggota
4.      Identitas sebagai pemilik dan pelanggan
5.      Manajemen dan pengawasan dilakukan secara demokratis
6.      Koperasi sebagai kumpulan orang-orang
7.      Modal yang berkaitan dengan aspek sosial tidak dibagi
8.      Efisiensi ekonomi dari perusahaan koperasi
9.      Perkumpulan dengan sukarela
10.  Kebebasan dalam pengambilan keputusan dan penetapan tujuan
11.  Pendistribusian yang adil dan merata akan hasil-hasil ekonomi
12.  Pendidikan anggota

·         Prinsip Koperasi menurut Rochdale
Prinsip ini dipelopori oleh 28 koperasi konsumsi di Rochdale, Inggris (1944) dan menjadi acuan bagi koperasi diseluruh dunia.
Adapun unsur-unsurnya sebagai berikut.
1.      Pengawasan secara demokratis
2.      Keanggotaan yang terbuka
3.      Bunga atas modal dibatasi
4.      Pembagian sisa hasil usaha (SHU) kepada anggota sesuai jasanya.
5.      Penjualan sepenuhnya dengan tunai
6.      Barang yang dijual harus asli dan tidak dipalsukan
7.      Menyelenggarakan pendidikan kepada anggotanya sesuai prinsip koperasi
8.      Netral terhadap politik dan agama

·         Prinsip Koperasi menurut Raiffeisen
Menurut Freidrich William Raiffeisen (1818-1888) , dari Jerman , prinsip koperasi adalah sebagai berikut.
1.      Swadaya
2.      Daerah kerja terbatas
3.      SHU untuk cadangan
4.      Tanggung jawab anggota tidak terbatas
5.      Pengurus bekerja atas dasar kesukarelaan
6.      Usaha hanya kepada anggota
7.      Keanggotaan atas dasar watak, bukan uang

·         Prinsip Koperasi menurut Herman Schulze
Prinsip koperasi menurut Herman Schulze (1800-1883) adalah sebagai berikut.
1.      Swadaya
2.      Daerah kerja tak terbatas
3.      SHU untuk cadangan dan untuk dibagikan kepada anggota
4.      Tanggung jawab anggota terbatas
5.      Pengurus bekerja dengan mendapat imbalan
6.      Usaha tidak terbatas tidak hanya untuk anggota

·         Prinsip Koperasi menurut ICA ( International Cooperative Alliance )
ICA didirikan pada tahun 1895 merupakan organisasi gerakan koperasi tertinggi di dunia. Sidang ICA di Wina pada tahun 1966 merumuskan prinsip-prinsip koperasi sebagai berikut.
1.      Keanggotaan koperasi secara terbuka tanpa adanya pembatasan yang dibuat-buat
2.      Kepemimpinan yang demokrasi atas dasar satu orang satu suara
3.      Modal menerima bunga yang terbatas, itupun bila ada
4.      SHU dibagi 3 :
5.      Sebagian untuk cadangan
6.      Sebagian untuk masyarakat
7.      Sebagian untuk dibagikan kembali kepada anggota sesuai jasanya
8.      Semua koperasi harus melaksanakan pendidikan secara terus-menerus
9.      Gerakan koperasi harus melaksanakan kerja sama yang erat, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

·         Prinsip Koperasi Indonesia Menurut UU No. 12 tahun 1967
Prinsip Koperasi Indonesia Menurut UU No. 12 tahun 1967 adalah sebagai berikut.
1.      Sifat keanggotaannya sukarela dan terbuka untuk setiap WNI
2.      Rapat anggota merupakan kekuasaan tertinggi sebagai pencerminan demokrasi dalam koperasi.
3.      Pembagian SHU diatur menurut jasa masing-masing anggota
4.      Adanya pembatasan bunga atas modal
5.      Mengembangkan kesejahteraan anggota khususnya dan masyarakat umumnya
6.      Usaha dan ketatalaksanaannya bersifat terbuka
7.      Swadaya, swakarya, dan swasembada sebagai pencerminan prinsip dasar percaya pada diri sendiri.

·         Prinsip Koperasi Indonesia Menurut UU No.25 tahun 1992
Prinsip Koperasi Indonesia Menurut UU No.25 tahun 1992 adalah sebagai berikut.

1.      Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
2.      Pengelolaan dilakukan secara demokrasi
3.      Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan jasa masing-masing
4.      Pemberian batas jas yang terbatas terhadap modal
5.      Kemandirian
6.      Pendidikan perkoperasian
7.      Kerja sama antar koperasi
Sumber : http://ekonomi.andaikata.com/2013/01/pengertian-dan-prinsip-prinsip-koperasi.html


Apakah Prinsip-Prinsip yang Ada Telah sesuai & Dijalankan oleh Koperasi-Koperasi Saat Ini?


Menurut artikel di atas prinsip koperasi di Indonesia ada dua menurut uu no. 12 tahun 1967 dan uu no. 25 tahun 1992. Menurut saya sebagian besar dari kedua prinsip tersebut sudah dijalankan di terapkan oleh koperasi-koperasi di Indonesia saat ini. Contohnya prinsip koperasi menurut uu no. 25 tahun 1992, prinsip no 1 yang isinya “keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka”, keanggotaan dalam sebuah tidak bersifat memaksa untuk menjadi anggota koperasi tersebut dan laporan pembelanjaan dan pengeluaran koperasi diketahui oleh seluruh anggotanya.

Selasa, 01 Oktober 2013

Softskill minggu 1 #Ekonomi Koperasi

Bagaimana kemajuan koperasi sejak pertama kali didirikan pertama kali hingga saat ini? Hal-hal apa saja yang telah dicapai?

Menurut saya koperasi dijaman sekarang sangatlah berkembang dengan pesat walaupun belum bisa dikatakan maju,dibandingkan dengan koperasi pada zaman penjajahan Belanda. Penjajah Belanda dan undang-undang  yang mengatur koperasi  pada saat itu terkesan membatasi dan mematikan usaha koperasi itu sendiri, walaupun koperasi pada masa tersebut hampir berkembang pesat. Sehingga pada akhirnya di zaman penjajahan Jepang koperasi sempat menurun drastis bahkan hampir ditiadakan. Hal ini terjadi akibat penjajah jepang mendirikan koperasi bernama KUMIAI yang cenderung memeras harta para rakyat. Jika pada zaman sekarang koperasi tersebar dimana-mana, terkelola dengan cukup baik dimasyarakat . Sehingga masyarakat tertarik untuk menjadi anggotanya, walaupun koperasi masih terkesan lebih banyak di pedesaan dibandingan dengan di perkotaan tapi jumlahnya lumayan banyak pada zaman  ini.


Hal-hal yang telah dicapai oleh koperasi koperasi dapat memberikan kesejahteraan bagi anggotanya, dengan adanya koperasi anggota koperasi dapat menciptakan UKM, koperasi dapat menciptakan banyaknya lapangan pekerjaan dan dapat mengurangi pengangguran, koperasi dapat memberikan simpanan dan pinjaman bagi anggotanya,koperasi dapat memproduksi barang-barangnya sendiri, koperasi meyediakan kebutuhan anggotanya, koperasi telah membantu para nelayan dan petani dalam menyediakan pupuk ,bibit tanaman dan alat jaring ikan, dan lain-lainya.

Kamis, 06 Juni 2013

Tulisan (softskill) 4 Penyebab Krisis Ekonomi Indonesia tahun 1997-1998


Berikut ini 4 Penyebab Krisis Ekonomi Indonesia tahun 1997-1998 :
1.   Yang pertama, stok hutang luar negeri swasta yang sangat besar dan umumnya berjangka pendek, telah menciptakan kondisi bagi “ketidakstabilan”. Hal ini diperburuk oleh rasa percaya diri yang berlebihan, bahkan cenderung mengabaikan, dari para menteri di bidang ekonomi maupun masyarakat perbankan sendiri menghadapi besarnya serta persyaratan hutang swasta tersebut.
2. Yang kedua, dan terkait erat dengan masalah di atas, adalah banyaknya kelemahan dalam sistem perbankan di Indonesia. Dengan kelemahan sistemik perbankan tersebut, masalah hutang swasta eksternal langsung beralih menjadi masalah perbankan dalam negeri.
3. Yang ketiga, sejalan dengan makin tidak jelasnya arah perubahan politik, maka isu tentang pemerintahan otomatis berkembang menjadi persoalan ekonomi pula.
4.  Yang keempat, perkembangan situasi politik telah makin menghangat akibat krisis ekonomi, dan pada gilirannya memberbesar dampak krisis ekonomi itu sendiri.

menurut saya tentang kutipan di atas pada masa orde baru pemerintah tidak transparan dalam memaparkan masalah anggaran-anggaran pemerintah. Rakyat hanya merasakan kenikmatan dari harga-harga kebutuhan pokok dan sebagainya dengan harga murah. Tanpa disadari ternyata pemerintah mempunyai hutang yang sangat besar kepada pihak asing/luar negeri. sehingga pada saat sekarang ini masyarakat juga yang menanggung hutang-hutang pemerintah apalagi ditambah dengan krisis Global semakain memperburuk Indnesia yang mempunyai hutang banyak dengan pihak asing. 
pada saat orde baru juga penguasa pemerintah juga terlalu lama menduduki jabatannya sebagai penguasa negara indonesia sehingga penguasa orde baru semena-mena terhadap rakyatnya karena meresa selalu didukung oleh masyarakat. dan pemerintah cenderung otoriter terhadap rakyat dan tidak ada lagi kebebasan atau tidak ada aspek demokratis pada saat era tersebut.

Tugas softskill 4

Bagaimana cara kita merangkul daerah-daerah terpencil/perbatasan dasri segi SDA dan SDM nya?


Menurut pendapat saya, pemerintah tidak hanya terfokus pada pembangunan di daerah kota atau pemerentah pusat. Tetapi pemerintah pusat bersama pemerintah daerah berupaya untuk pembangunan daerah terpencil. pemerintah dapat memberdayakan sumber daya alam dan sumber daya manusia di daerah terpencil tersebut agar pembangunan di negeri ini dapat merata sehingga banyak pengangguran-pengangugran di daerah terpencil tersebut memiliki kesempatan kerja. hal ini juga dapat mengurangi masyarakat-masyarakat desa untuk pergi ke kota sehingga jumlah penduduk di kota sangat membludak dan alhasil akan timbul daerah-daerah kumuh di kota. Masyarakat desa terpencil pun akan merasa mereka dihargai dan diakui keberadaannya oleh pemerintah.

Minggu, 21 April 2013

Tugas 3 softskill


Dua kawasan dalam tata ruang pembangunan Banda Aceh
DALAM struktur tata ruang kota, Pemerintah Kota Banda Aceh telah membagi dua kawasan utama dalam penataan pembangunannya. Kedua kawasan tersebut yaitu kawasan lindung dan kawasan budidaya.
Hal itu disampaikan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Pemkot Banda Aceh, Ramos Kam kepada ATJEHPOSTcom saat ditemui di kantornya kemarin, Selasa, 9 April 2013.
Menurutnya, dengan luas wilayah 6.136 hektar, Kota Banda Aceh dalam hal tata ruangnya telah mengarahkan pembangunannya ke wilayah selatan dari pusat kota.
“Kalau dulu pembangunan lebih berpusat di pusat kota dan daerah pesisir. Sekarang pemerintah melalui Dinas Pekerjaan Umum Bidang Tata Ruang lebih memfokuskan pada pembangunan di wilayah selatan dari pusat kota,” ujar Ramos.
Hal ini, kata Ramos, bertujuan sebagai bentuk antisipasi pemerintah terhadap bencana alam seperti tsunami yang pernah melanda Banda Aceh tahun 2004 lalu. Dari keterangannya tersebut, Ramos menjelaskan pembagian wilayah Kota Banda Aceh dalam dua kawasan merupakan usaha agar tata ruang kota Banda Aceh tidak menumpuk pada satu tempat saja. Di samping itu pula, kata dia, sebagai usaha antisipasi pemerintah terhadap kemungkinan bencana alam seperti tsunami pada tahun 2004 lalu.
Selain itu, Ramos menjelaskan kawasan lindung yang dimaksud yaitu kawasan-kawasan yang meliputi atau memiliki cagar budaya, hutan bakau, ruang terbuka hijau, dan juga kawasan sempadan sungai. Sementara kawasan budi daya terdiri dari kawasan perumahan, perdagangan dan jasa, perkantoran, pariwisata, ruang perikanan, pelayanan umum, serta ruang terbuka non hijau.
“Untuk realisasi ini, pemerintah telah membuka ruas-ruas jalan baru sehingga pembangunannya lebih terarah dan dua kawasan yang dibagi tadi jadi jelas fungsinya,” kata Ramos.
Menyangkut pembangunan suatu bangunan baru di suatu tempat dalam wilayah kota Banda Aceh, Ramos menuturkan, “Perizinan suatu bangunan yang pertama sekali dilihat kesesuaian teknisnya dengan tata ruang. Selanjutnya, ketika teknisnya sudah sesuai dengan tata ruang yang digagas pemerintah, bangunan tersebut akan ditinjau kembali dari berbagai aspek.”
Terhadap hal ini, Ramos menegaskan aspek-aspek yang dimaksud meliputi aspek sosial, budaya, agama dan aspek-aspek lain yang berhubungan dengan tatanan kehidupan masyarakat setempat. Hal ini artinya secara umum penataan tata ruang kota Banda Aceh pada dasarnya tidak hanya berbicara teknisnya saja, melainkan harus melihat juga kepada aspek sosial budaya masyarakat Kota Banda Aceh khususnya, dan masyarakat Aceh secara keseluruhan.
Sumber: ATJEHPOST.com

Tanggapan:
Menurut saya povinsi Banda Aceh perlu segera dilakaukan pembangunan daerah yang sesuai dengan tata kota yang sesuai. Dampak dari Tsunami tahun 2004 yang meluluhlantakan sebagian besar wilayah Banda Aceh harus segera dilakukan pembangunan oleh pemerintah setempat agar siklus ekonomi dan kehidupan masyarakat dapat normal kembali.
                                                                                                                

Senin, 08 April 2013

Tugas perekonomian Indonesia no 2


pertumbuhan India turun jadi 5,4 persen


New Delhi (ANTARA News) - Pertumbuhan ekonomi tahunan India diperkirakan menurun menjadi 5,4 persen, karena serangkaian reformasi baru-baru ini tidak cukup untuk mengimbangi kegagalan investasi di bidang infrastruktur, IMF mengatakan pada Rabu.

Departemen Keuangan sebelumnya telah memperkirakan ekspansi 5,7--5,9 persen pada tahun keuangan 2012/13, tetapi Dana Moneter Internasional mengatakan dalam laporan tahunannya tentang India bahwa perlambatan akan lebih menonjol dari yang diperkirakan.

"Pada tahun 2011/12, tingkat pertumbuhan India sebesar 6,5 persen. Angka itu diperkirakan turun menjadi 5,4 persen pada tahun 2012/13," kata IMF.

"Meskipun prospek untuk ekonomi global buruk, ini adalah penurunan yang jauh lebih besar daripada yang diperkirakan."

Dengan pemilihan umum yang dijadwalkan awal tahun depan, pemerintahan Perdana Menteri Manmohan Singh berharap serangkaian reformasi pro-pasar yang diluncurkan tahun lalu dan langkah minggu-minggu terakhir memangkas suku bunga untuk pertama kalinya dalam sembilan bulan akan meningkatkan ekonomi.

Dalam laporannya, IMF mengatakan "pemerintah telah mengambil langkah-langkah signifikan untuk memulihkan pertumbuhan" dengan reformasi, yang meliputi kenaikan harga BBM dan rencana untuk mengizinkan jaringan pasar swalayan asing, seperti Walmart untuk beroperasi di India.

Namun IMF menambahkan bahwa "masih banyak yang harus dilakukan".

Organisasi itu mengatakan bahwa India membayar harga untuk kegagalan memastikan investasi di bidang infrastruktur setarakan dengan pertumbuhan ekonomi di dekade sebelumnya ketika tingkat pertumbuhan mendekati angka ganda.

Kekurangan infrastruktur India mendapat sorotan besar pada tahun lalu ketika mengalami pemadaman listrik masal.

"Mengatasi kebutuhan energi jangka panjang India, misalnya, akan memerlukan pemecahan masalah yang rumit terkait dengan batubara (bahan bakar sebagian besar pembangkit listrik di India), sementara mengurangi kemacetan lalu lintas akan memerlukan fasilitas pembelian lahan untuk melebarkan jalan atau membangun yang baru."

Perlambatan pertumbuhan telah memicu penurunan dukungan untuk Partai Kongres yang berkuasa pada pemilu di India dalam sedikit lebih dari satu tahun lagi, demikian AFP.
Apakah sistem perekonomiannya sudah bisa diterapkan di indonesia?
Menurut saya penyelesaian perekonomian india di atas tidak bisa diterapkan di indonesia karena menaikan harga bahah bakar minyak akan membuat rakyat indonesia makin miskin dan terpuruk karena jika harga BBM naik makan kebutuhan bahan pokok akan naik. sedangkan di Indonesia BBM di indonesia masih di Subsidi.

Senin, 11 Maret 2013

Perekonomian Indonesia (Perdagangan bebas antara Indonesia dan china)

Pendapat/pandangan saya tentang Perdagangan bebas antara Indonesia dan China

"Awalnya perjanjian perdagangan bebas diharapkan mampu menyejahterakan rakyat. Namun, yang terjadi malah sebaliknya, merugikan Indonesia," menurut Doktor termuda bidang hukum perdagangan internasional dari Fakultas Hukum UI, Ariawan Gunadi.

Menurut saya Perdagangan bebas bagi negara Indonesia belum cocok karena sistem perdagangan bebas bagi negara Indonesia belum memberikan keutungan bagi perekonomian indonesia. Bahkan perdagangan bebas malah berdampak buruk bagi produsen-produsen masuk dalam negeri. Indonesia terlalu bebas dalam membuka akses masuk barang-barang dari luar negeri dan sebaliknya negara yang melakukan perdagan bebas dengan Indonesia mereka memberi sedikit kesempatan terhadap barang yang akan masuk ke negara mereka terlebih lagi mereka sangat menyaring barang dan sangat selektif terhadap barang yang akan masuk ke dalam negara mereka.

Keuntungan yang negara Indonesia dapatkan adalah masyarakat Indonesia yang dapat dengan mudah memperoleh barah-barang Impor dengan harga yang murah. China, sangat dikenal sebagai Negara Peniru barang-barang dari berbagai negara.Negara China mampu meniru barang yang asli dan hasilnya sangat mirip, alhasil mereka juga menjual barang tiruan mereka dengan harga yang jauh lebih murah dari harga aslinya kepada negara-negara di dunia.

 Kutipan dari http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/102412