My Album


Jumat, 19 Oktober 2012

Bab 4. Pembelanjaan


Pada dasarnya penggunaan dana dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu:
1. Penggunaan dana dalam jangka  pendek: kas, surat-surat berharga, pihutang, persediaan
2. Penggunaan dana dalam jangka  panjang: Investasi aktiva tetap termasuk tanah, bangunan dan peralatan
Kemampuan perusahaan dalam memperoleh pendapatan dari sejumlah modal yang dipergunakan disebut Rentabilitas. Rentabilitas perusahaan dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

 RE =   ( Lk / (MA+MS)) *  100 %

Berikut beberapa factor terjadi penurunan/peningkatan rentabilitas ekonomi perusahaan:
1. Usaha yang dipilih
2. Pengalaman perusahaan itu sendiri atau pesaing
3. Manajemen usaha
4. Kesempatan yang ada

Penggunaan jangka pendek, menyangkut pembelanjaaan aktif yaitu penggunaan danatertuang dalam besarnya modal kerja yang tertanam dalam aktiva lancar.
a. pengelolaan kas, kas merupakan salah satu bentuk aktiva lancar yang paling likuid di mana yang dapat berbentuk uang tunai atau cek yang dapat sewaktu-waktu diuangkan sesuai dengan kebutuhan sehari hari

perusahaan. Aliran kas masuk (penerimaan) berhubungan erat dengan masalah penjualan barang dan jasa perusahaan baik yang bersifat penjualan kredit/tunai  maupun penjualan dan pembelian saham perusahaan. Aliran kas keluar (pengeluaran kas) bisa berbentuk pengeluaran untuk membayar gaji, upah dan membantu ongkos masyarakat dsb.
b. surat-surat berharga,  terjadi karena pengalihan alokasi kas tunai yang mengatur sementara untuk dijadikan sertifikat berharga atau surat berharga lainnya yang dalam jangka waktu tertentu dapat menghasilkan bunga tertentu, yang dapat menambah pendapatan perusahaan atau memperkecil biaya pengadaan dana.

c. pengelolaan piutang, timbulnya piutang karena adanya penjualan kredit dari hasil perusahaan dalam menjual hasil barang produksi.  Pertimbangan suatu perusahaan melaksanakan penjualan kredit tergantung kepada beberapa factor diantaranya: 1. Kebijakan perusahaan mengenai berapa persen dari total penjualan perusahaan yang menggunakan kredit, 2. Syarat pembayaran dimana ada batas waktu tertentu yang mendapat potonagan tunai kemudian setelah lewat batas waktu yang telah ditentukan dimasukan dalam bentuk kredit (piutang), 3. Kebiasaan langganan dalam melakukan pembayaran.
Tindakan terakhir dari manajemen keuangan adalah memerintahkan staffnya untuk membuat skedul pengumpulan piutang.
d. pengelolaan persediaan, persediaan bahan baku, bahan penolong maupun barang proses.
Penggunaan dana dalam jangka panjang, berarti kita mempertimbangkan jumlah uang yang tertanam dalam aktiva tetap. Bentuk aktiva tetap tersebut bisa berupa tanah, peralatan/mesin, dan bangunan.
Penilaian uang dapat diperhitungkan dalam dua konsep  yaitu;
1. Nilai uang sekarang (Present value), adalah nilai awal pada periode penilaian dari sejumlah uang pada akhir periode dengan tingkat jumlah tertentu.
Nilai majemuk  (compound value), hasil pengumpulan uang awal periode penilaian di masa yang akan datang dengan jumlah bunga yang diterima selama periode tersebut.
Penilaian aktiva tetap beserta analisisnya, Penilaian ataupun analisis yang dilakukan perusahaan dapat memakai cara sebagai berikut:
1. metode nen present value, 2. Metode internal rate of return, 3. Metode profitability indeks, 4. Metode pay back period, 5. Metode average of return.
Metoda pay back period dan metoda average of return merupakan metoda yang mengabaikan value of money, sehingga metoda ini sangat jarang digunakan dibanding metode yang lainnya.

Kesimpulan
Pada dasarnya penggunaan dana dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu:
1. Penggunaan dana dalam jangka  pendek: kas, surat-surat berharga, pihutang, persediaan
2. Penggunaan dana dalam jangka  panjang: Investasi aktiva tetap termasuk tanah, bangunan dan peralatan
Kemampuan perusahaan dalam memperoleh pendapatan dari sejumlah modal yang dipergunakan disebut Rentabilitas.


Daftar pustaka

Widiyono. Pakkana,Mukhaer.2011.Pengantar bisnis respon terhadap dinamika global;Jakarta.Mitra kencana media.
Widyatmini.1996.pengantar bisnis.;Jakarta.Universitas Gunadarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar