My Album


Jumat, 19 Oktober 2012

Bab 2.Manajemen dan Organisasi



A. Pengertian manajemen dan manejer
Menurut professor Oei liang lee manajemen adalah ilmu seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alatuntuk mencapai tujuan yang ditetapkan.Manajemen merupakan suatu kegiatan pokok yang dilakukan oleh manajer untuk mengolah input menjadi output  yang melalui proses manajemen.
Berikut ini adalah peranan seorang manajer, yaitu:
a. melaksanakan kegiatan planning, organizing, leading dan controlling melalui peranan yang harus dilakukan antar pribadi (hubungan interpersonal) yang sanagat membantu melaksanakan  tugas pekerjaan
b. pemberian informasi kepada pihak yang berkepentingan dngan pekrjaannya terutama informasi mengenai policy perusahaan (informational role)
c. cara manajer mengimplementasikan suatu keputusan perusahaan  didalam kegiataan perusahaan (decision role)
B. Fungsi manajemen
Secara garis besar fungsi manjemen dibagi menjadi lima bagiaan,yaitu:
a. Planning
b. Organizing
c. Directing
d. Coordinating
e. Controlling
B.a. planning
Planning adalah suatu fungsi pemilihan alternatif melalui suatu proses  yang rasional untuk mengambil keputusan terhadap objective perusahaan, policy, program maupun prosedur untuk memperbaikinya.
B.b. Organizing (pengorganisasiaan)
Fungsi pengorganisasian merupakan proses menggabungkan berbagai sumber daya manusia dan bahan melalui struktur formal dari tugas dan kewenangan. Fungsi ini secara khusus penting bagi perusahaan-perusahan yang sring kali merestrukrisasi operasi-operasi mereka.
Ada empat bagian penting dalam pengorganisasiaan:
1. staffing, suatu kegiatan yang melakukan pembagian kelompok –kelompok kerja yang sesuai dengan keahliaanya.
2. delegation of authority, pendelegasian wewenangdari seorang atasan kepada bawahannya sesuai dengan struktur organisasi.
3. departementasi, pengelompokan kegiatan-kegiatanyang sejenis untuk kemdian dipisahkan dengan kegiatan lainya,kegiatan tersebut tetap terjalin koordinasi dalam bekerja sama.
4. personalia, kepegawaian ini sanagt penting dalam hubungannyadengan para bawahan baik hubunganyang bersifat formal maupun informal.
B.c. Directing
Directing atau pengarahan (=actuating=leading=commanding) adalah kegiatan yang ditujukan untuk mengatasi dan mengarahkan bawahan untuk bekerjasama secara sukarela menyumbangkan tenaganya seefisien mungkin seefektif mungkinuntuk mencapai tujuan organisasi.
B.d. Koordinasi
Suatu kominakasi  atau kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan kegiatan sehingga bias tercapai tujuan organisasinya.
B.e. Controlling (pengawasan)
Fungsi yang bertujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan bila terjadi penyimpangan-penyimpangan pelaksanaan perencanaan yang telah ditetapkan. Fungsi pengawasaan mempunyai tiga kegiatan yang harus dilakukan :
1. Menetapkan standart yang dipakai
2. Membandingkan pelaksanaan kegiatan dengan standart
3. Melakukan koreksi

C. Organisasi dan Perilaku Keorganisasian
C.1. Pengertian organisasi
Menurut Boone dan Katz organisasi adalah proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.
Sebuah organisasi memiliki tiga unsur kunci yaitu:
1. Interaksi antar manusia
2. Kegiatan yang mengarah pada tujuan
3. struktur organisasi itu sendiri
C.1.1. Pola organisasi
Pola organisasi dibagi menjadi dua bagian yaitu organisasi formal dan organisasi informal.
Organisasi formal adalah organisasi yang dibentuk secara sadar dan mempunyai tujuan tertentu yang disadari pula dengan menggunakan system tugas, hubunagan wewenang.
Organisasi informal merupakan organisasi yang tercipta karena adanya hubungan antar pribadi yang secara tidak sadar terjadi keberadaannya tanpa didasarkan pada hubungan wewnang formal pada struktur organisasi maupun kesepakatan tujuan bersama.
C.1.2. Struktur organisasi
Struktur organisasi yang dibentuk akan selalu berdasarkan 3 komponen organisasi yaitu :
1. Interaksi  manusia
2. Kegiatan yang mengarah pada tujuan
3. struktur
C.1.3. Bentuk organisasi
Bentuk struktur organisasi  dapat dibagi menjadi 6 golongan yaitu:
1. Organisasi Lini
2. organisasi Fungsional
3. Organisasi Lini dan staff
4. Organisasi Fungsional dan lini
5. Organisasi Matriks
6. Organisasi Komite
Berikut keunggulan dan kelemahan bentuk-bentuk organisasi:
Bentuk
Organisasi
Keunggulan
Kelemahan
Organisasi
Lini
·         Sederhana dan mudah dipahami baik oleh manajer maupun bawahan
·         Delegasi kewenanagan dan tanggung jawab untuk setiap bidang jelas
·         Tidak ada spesialisasi
·         Pekerjaan eksekutif puncak berat karena dibebani pekerjaan administrasi
Organisasi
Fungsional
·         Program terarah, jelas dan cepat
·         Anggaran, personalia dan sarana tepat dan sesuai
·         Kenaikan pangkat pejabat fungsional cepat
·         Pejabat fungsional bingung dalam mengikuti prosedur administrasi
·         Pangkat pejabat fungsional lebih tinggi dibandingkan kepala unit sehingga inspeksi sulit dilaksanakan
Organisasi
Lini dan staff
·         Ada pembagian tugas yang jelas
·         Kerjasama dan koordinasi dapat dilakukan dengan jelas
·         Pengembangan bakat segenap anggota organisasi terjamin dll.
·         Tugas pokok orang-orang sring dinomor duakan
·         Proses decision makain berliku-liku
·         Jika pertimbangan tidak terkontrol maka sering menimbulkan nepotisme dll.
Organisasi
Fungsinal dan lini
·         Solidaritas tinggi
·         Disiplin tinggi
·         Produktifitas tinggi karena spesialisasi dilaksanakan maksimum dll.
·         Kurang fleksibel dan tour of duty
·         Spesialisasi memberikan kejenuhan
·         Pejabat fungsional akan mengalami kebingungan karena dikoordinasikan lebih dari satu orang
Organisasi
matriks
·         Fleksibelitas
·         Sangat berfokus pada masalah tertentu atau masalah teknis yang unik
·         Memungkinkan inovasi tanpa menggangu struktur organisasi reguler

·         Masalah potensial mengenai akuntabilitas karena lebih dari satu atasan
·         Kesulitan potensial dalam membentuk tim yang solid karena karyawan direktur dari beragam departemen
·         Berpotensi menimbulkan konflik antara manajer proyek dan manajer departemen lainnya
Organisasi
Komite
·         Menggabungkan penilaian beberapa eksekutif di bidang yang berbeda
·         Meningkatkan moral para karyawan melaluipaertisipasi dalam pengambilan keputusan
·         Melakukan kompromosi daripada memilih alternatif terbaik
·         Keputusan lambat

C.2. Perilaku Keorganisasian
Perilaku keorganisasian merupakan tentang bagaimana dan mengapa orang berprilaku dalam organisasi kerja, sehinggga yang diperhatikan masalah personalia atau karyawan yangbekerja khususnya perilaku mereka dalam bekerja.
a. kerja kelompok,selalu terjadi dimana perusahaan memperkejakan banya orang mempunyai hobi atau tujuan yang sama.
b. Motivasi, Menurut Abraham maslow, motivasi menekankan dua ide :
1. Orang mempunyai banyak kebutuhan, tetapi hanya beberapa kebutuhan yang belum terpenuhi ssja yang dapat mempengaruhi prilaku manusia.
2. Kebutuhan manusia dikelompokan dalam suatu hirarki kepentingan. Jika satu kebutuhan sudah terpenuhi , maka kebutuhan lain yang tingkatannya lebih tinggi akan muncul dan perlu dipuaskan.
Kesimpulan
Menurut professor Oei liang lee manajemen adalah ilmu seni merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alatuntuk mencapai tujuan yang ditetapkan.Manajemen merupakan suatu kegiatan pokok yang dilakukan oleh manajer untuk mengolah input menjadi output  yang melalui proses manajemen.

Secara garis besar fungsi manjemen dibagi menjadi lima bagiaan,yaitu:
a. Planning
b. Organizing
c. Directing
d. Coordinating
e. Controlling


Menurut Boone dan Katz organisasi adalah proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.
Sebuah organisasi memiliki tiga unsur kunci yaitu:
1. Interaksi antar manusia
2. Kegiatan yang mengarah pada tujuan
3. struktur organisasi itu sendiri

Daftar pustaka

Widiyono. Pakkana,Mukhaer.2011.Pengantar bisnis respon terhadap dinamika global;Jakarta.Mitra kencana media.
Widyatmini.1996.pengantar bisnis.;Jakarta.Universitas Gunadarma.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar