A. Pengertian pemasaran
Pada dasarnya fungsi pemasaran
itu merupkan suatu proses kegiatan yang tidak serderhana daribarang sebelum
diproduksi sampai bagaimana supaya sampai di tangan konsumen yang dapat
menghasilkan laba perusahaan atau paling tidak kembalinya modal perusahaan.
Berikut ini adalah beberapa
pengertian menurut ahli pemasaran:
1. Philip dan Duncan
Pemasaran meliputi semua
langkah yang digunakan atau diperlukan untuk menepatkan barang-barang berwujud
pada konsumen.
2. American marketing
association
Pemasaran meliputi pelaksanaan
kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa dari
produsen dan konsumen.
B.Jenis-jenis pasar
Jenis – Jenis Pasar dibedakan menurut bentuk kegiatan,
cara transaksi dan menurut jenis barangnya.
Pengertian Pasar atau Definisi Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon
pembeli barang dan jasa.Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan
transaksi. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli. Syarat terjadinya
transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli,
ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.
Jenis-Jenis Pasar
Jenis pasar menurut
bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk
kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak
nyata(abstrak). Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
§ Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan
diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan
pasar swalayan.
§ Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya
tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung
tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online,
pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut
cara transaksinya. Menurut cara
transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
§ Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat
tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar
secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa
barang kebutuhan pokok.
§ Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana
barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri.
Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern
lainnya.
Jenis – Jenis Pasar
menurut jenis barangnya. Beberapa pasar
hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar
sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar
menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan
menjadi:
§ Pasar Lokal
§ Pasar Daerah
§ Pasar Nasional dan
§ Pasar Internasional
C.konsep pemasaran
Konsep-konsep
inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas,
nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan
pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.
Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap
kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan
akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk
membelinya.
Macam-macam konsep
pemasaran:
1. Konsep produksi
2. Konsep produk
3. Konsep penjualan
4. Konsep pemasaran
5. Konsep pemasaran
social
6. konsep social
pemasaran global
D. Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis,
perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan
pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.
Ada delapan keadaan permintaan yaitu:
1.
Permintaan negatif
2.
Tidak ada permintaan
3.
Permintaan terpendam
4.
Permintaan menurun
5.
Permintaan yang tidak beratuaran
6.
Permintaan penuh
7.
Permintaan yang berlebihan
8.
Permintaan yang tidak sehat
E. Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran merupakan
variabel-variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan, yang terdiri dari:
produk, harga, distribusi, dan promosi.
1.
produk,merupakan hasil proses dari proses produksi perusahaan yang nantinya
akan dijual perusahaan atau barang yang dibeli untuk dijual kembali kepada
konsumen akhir.
2. Harga, merupakan variabel yang
dapat dikendalikan yang menetukan diterima tidaknya suatu produk oleh konsumen.
3. distribusi, salah satu aspek dari pemasaran.Distribusi juga dapat
diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah
penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.
4. promosi, upaya untuk memberitahukan
atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
F. Tujuan system pemasaran
1.
Tingkat konsumsi masyarakat yang maksimum.
2.
Tingkat kepuasan konsumen yang maksimum.
3.
Tingkat pilihan konsumen yang maksimum.
4.
Kualitas hidup konsumen yang maksim
G. Fungsi
Utama kegiatan pemasaran
1. Untuk
memberikan informasi tentang produk yang dijual diperusahaan
2. Untuk mempengaruhi keputusan membeli konsumen
3. Untuk menciptakan nilai ekonomis
barang
H. Pendekatan dalam mempeajari
pemasaran
1. Pendekatan serba fungsi
2. Pendekatan serba lembaga
3. Pendekatan serba barang
4. Pendekatan serba manajemen
5. Pendekatan serba system
Kesimpulan:
Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan
untuk memberikan informasi mengenai barangatau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan
dan keinginan manusia. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan
manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk
(product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan
mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran
disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam
konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai
dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Jenis-jenis pasar:
Pasar Nyata, Pasar Abstrak, Pasar Tradisional, Pasar Modern,
Macam-macam konsep
pemasaran:
1. Konsep produksi
2. Konsep produk
3. Konsep penjualan
4. Konsep pemasaran
5. Konsep pemasaran
social
6. konsep social
pemasaran global
Manajemen Pemasaran adalah sebagai
analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang pasar sasaran
dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.
Bauran pemasaran merupakan
variabel-variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan.
Tujuan system pemasaran.
Fungsi
Utama kegiatan pemasaran.
Pendekatan dalam
mempeajari pemasaran.
Sumber: http://ssyadiashare.com,
maidsz.wordpress.com, Wikipedia.com, ivanlipio.blogspot.com,
buku pengantar bisnis universitas gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar