My Album


Jumat, 09 November 2012

Bab 6 Pemasaran


A. Pengertian pemasaran
Pada dasarnya fungsi pemasaran itu merupkan suatu proses kegiatan yang tidak serderhana daribarang sebelum diproduksi sampai bagaimana supaya sampai di tangan konsumen yang dapat menghasilkan laba perusahaan atau paling tidak kembalinya modal perusahaan.
Berikut ini adalah beberapa pengertian menurut ahli pemasaran:
1. Philip dan Duncan
Pemasaran meliputi semua langkah yang digunakan atau diperlukan untuk menepatkan barang-barang berwujud pada konsumen.
2. American marketing association
Pemasaran meliputi pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa dari produsen dan konsumen.

B.Jenis-jenis pasar

Jenis – Jenis Pasar dibedakan menurut bentuk kegiatan, cara transaksi dan menurut jenis barangnya.
Pengertian Pasar atau Definisi Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa.Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli.  Syarat terjadinya transaksi adalah ada barang yang diperjual belikan, ada pedagang, ada pembeli, ada kesepakatan harga barang, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.
Jenis-Jenis Pasar
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak).  Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
§  Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
§  Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
§  Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
§  Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
§  Pasar Lokal
§  Pasar Daerah
§  Pasar Nasional dan
§  Pasar Internasional

C.konsep pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
Macam-macam konsep pemasaran:
1. Konsep produksi
2. Konsep produk
3. Konsep penjualan
4. Konsep pemasaran
5. Konsep pemasaran social
6. konsep social pemasaran global

D. Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.
Ada delapan keadaan permintaan yaitu:
1.             Permintaan negatif
2.             Tidak ada permintaan
3.             Permintaan terpendam
4.             Permintaan menurun
5.             Permintaan yang tidak beratuaran
6.             Permintaan penuh
7.             Permintaan yang berlebihan
8.             Permintaan yang tidak sehat

E. Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran merupakan variabel-variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan, yang terdiri dari: produk, harga, distribusi, dan promosi.
1. produk,merupakan hasil proses dari proses produksi perusahaan yang nantinya akan dijual perusahaan atau barang yang dibeli untuk dijual kembali kepada konsumen akhir.
2. Harga, merupakan variabel yang dapat dikendalikan yang menetukan diterima tidaknya suatu produk oleh konsumen.
3. distribusi, salah satu aspek dari pemasaran.Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.
4. promosi, upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.

F. Tujuan system pemasaran
1.         Tingkat konsumsi masyarakat yang maksimum.
2.         Tingkat kepuasan konsumen yang maksimum.
3.         Tingkat pilihan konsumen yang maksimum.
4.         Kualitas hidup konsumen yang maksim
G. Fungsi Utama kegiatan pemasaran
1. Untuk memberikan informasi tentang produk yang dijual diperusahaan
         2. Untuk mempengaruhi keputusan membeli konsumen
         3. Untuk menciptakan nilai ekonomis barang

         H. Pendekatan dalam mempeajari pemasaran
         1. Pendekatan serba fungsi
         2. Pendekatan serba lembaga
         3. Pendekatan serba barang
         4. Pendekatan serba manajemen
         5. Pendekatan serba system

Kesimpulan:
Pemasaran  adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barangatau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.

Jenis-jenis pasar:
Pasar Nyata, Pasar Abstrak, Pasar Tradisional, Pasar Modern,

Macam-macam konsep pemasaran:
1. Konsep produksi
2. Konsep produk
3. Konsep penjualan
4. Konsep pemasaran
5. Konsep pemasaran social
6. konsep social pemasaran global
Manajemen Pemasaran adalah sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan – tujuan organisasi.

Bauran pemasaran merupakan variabel-variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan.

Tujuan system pemasaran.

 Fungsi Utama kegiatan pemasaran.

Pendekatan dalam mempeajari pemasaran.

Sumber: http://ssyadiashare.com, maidsz.wordpress.com, Wikipedia.com, ivanlipio.blogspot.com, buku pengantar bisnis universitas gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar