My Album


Jumat, 09 November 2012

Bab 5 Kewiraswastaan dan perusahaan kecil.


 secara etimologis, istilah wiraswasta berasal dari dua kata, yakni ‘wira’ dan ‘swasta’. Wira memiliki arti berani, utama, atau perkasa. Sedangkan swasta ternyata juga berasal dari dua kata, yakni ‘swa’ dan ‘sta’. Swa artinya sendiri, dan sta, berarti berdiri. Jadi, swasta bisa dimaknai berdiri di atas kekuatan sendiri. ( Wasty Soemanto, 1984 : 43 ).
Menurut Suparman Sumahamidjaya, arti kata wiraswasta bisa diuraikan sebagai berikut:
Wira=luhur,berani,jujur,ksatria. Swa=sendiri. Sta=berdiri
Jadi maksudnya adalah mewujudkan aspirasi kehidupan berusaha yang mandiri dengan landasan keyakinan dan watak yang luhur.
11.  Unsur pengetahuan mencirikan tingkat penalaran yang dimiliki seseorang. Pada umumnya unsur pengetahuan banyak ditentukan oleh tingkat pendidikan orang bersangkutan.
2.   Unsur keterampilan pada umumnya diperoleh melalui latihan dan pengalaman kerja nyata. Wiraswastawan yang dilengkapi keterampilan tinggi akan mempunyai keberhasilan yang lebih tinggi.
3.   Unsur kewaspadaan merupakan paduan unsur pengetahuan dan sikap mental dalam menghadapi keadaan yang akan datang. Kewaspadaan berkaitan dengan pemikiran atau rencana tindakan untuk menghadapi sesuatu yang mungkin terjadi atau diduga yang akan dialami.

perusahaan kecil dalam lingkungan perusahaan ialah perusahaan kecil yang telah memiliki managemen perusahaan tingkat perusahaan besar. Dapat kita lihat billa kita ingin membuat sebuah perusahaan, itu semua harus dimulai dari yang kecil. Karena dengan sejalannya perusahaan, maka perusahaan yang kita buatpun bukan mustahil untuk menjadi perusahaan yang besar.


Waralaba adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layananSedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa
Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah:
Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Franchisor atau pemberi waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya.Franchisee atau penerima waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.

Waralaba dapat dibagi menjadi dua:
Waralaba luar negeri, cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi.
Waralaba dalam negeri, juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup piranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.
jenis-jenis usaha yang potensial diwaralabakan:
1.      Jenis Usaha Waralaba Sektor Makanan
2.      Jenis Usaha Waralaba Sektor Ritel
3.      Jenis Usaha Waralaba Sektor Jasa
4.      Jenis Usaha Waralaba Sektor Farmasi

Secara umum perusahaan kecil mengacu pada ciri-ciri berikut :
1.      Manajemen berdiri sendiri. Biasanya para manajer perusahaan adalah pemiliknya juga, dengan predikat yang disandang mereka memiliki kebebasan untuk bertindak dan mengambil keputusan.
2.      Investasi modal terbatas. Pada umumnya modal perusahaan kecil disediakan oleh seorang pemilik atau sekelompok kecil pemilik, karena jumlah modal yang diperlukan relative kecil.
3.      Daerah operasinya local. Dalam hal ini majikan dan karyawan tinggal dalam suatu lingkungan yang berdekatan dengan letak perusahaan.
4.      Ukuran secara keseluruhan relative kecil ( penyelenggara di bidang operasinya tidak dominant)
Kekuatan dan Kelemahan Perusahaan Kecil
Kekuatannya perusahaan kecil adalah :
1.      Kebebasan untk bertindak
2.      Menyesuaikan kepada kebutuhan setempat
3.      Peran serta dalam melakukan usaha atau tindakan
Kelemahan Perusahaan Kecil adalah:
1.      Relatif lemah dalam spesialisasi
2.      Modal dalam pengembangan terbatas
3.      Karyawan relatife sulit untuk mendapat yang cakap 
Sebab-sebab Kegagalan Bisnis Kecil:

Menurut Clifford M. Baumback, sebab kegagalan utama ialah ketidakmampuan manajemen sebesar 98%. Unsur-unsur ketidakmampuan manajemen ini dapat diperinci sebagai berikut:
1. Modal kurang mencukupi
2. Lokasi kurang menguntungkan
3. Membeli barang terlalu banyak
4. Kurang mengawasi persediaan barang
5. Keadaan ekonomi kurang menguntungkan
6. Pengeluaran dan tanggungan biaya terlalu besar
7. Mengambil kredit tidak penuh perhitungan
8. Tidak mengadakan pembukuan yang baik
9. Mengadakan ekspansi terlalu berlebih-lebihan
10.Tanggungan biaya tetap terlu besar

Cara mengembangkan perusahaan kecil:
Hal pertama yang harus Anda temukan adalah keahlian dan minat.
Kedua, perhatikan ide bisnis apa yang cenderung terus mengalami kemajuan.
Perbedaan Perusahaan Kecil dengan Perusahaan besar
Perusahaan Kecil:
1.      Umumnya dikelola pemilik
2.      Struktur organisasi sederhana
3.      Pemilik mengenal karyawan
4.      Prosentase kegagalan perusahaan tinggiKekurangan manajer yang ahli
5.      Modal jangka panjang sulit diperoleh
Perusahaan Besar:
1.      Dikelola bukan oleh pemilik
2.      Struktur organisasi kompleks
3.      Pemilik mengenal sedikit karyawan
4.      Prosentasi kegagalan rendah Banyak ahli manajemen
5.      Modal jangka panjang relative mudah diperoleh



Kesimpulan:
Kewiraswastaan adalah mewujudkan aspirasi kehidupan berusaha yang mandiri dengan landasan keyakinan dan watak yang luhur.
perusahaan kecil dalam lingkungan perusahaan ialah perusahaan kecil yang telah memiliki managemen perusahaan tingkat perusahaan besar. Dapat kita lihat billa kita ingin membuat sebuah perusahaan, itu semua harus dimulai dari yang kecil.
Waralaba adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layananSedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
Kekuatan dan Kelemahan Perusahaan Kecil
Kekuatannya perusahaan kecil adalah :
1.      Kebebasan untk bertindak
2.      Menyesuaikan kepada kebutuhan setempat
3.      Peran serta dalam melakukan usaha atau tindakan
Kelemahan Perusahaan Kecil adalah:
1.      Relatif lemah dalam spesialisasi
2.      Modal dalam pengembangan terbatas
3.      Karyawan relatife sulit untuk mendapat yang cakap 
Cara mengembangkan perusahaan kecil
Perbedaan Perusahaan Kecil dengan Perusahaan besar

Sumber: Rohadiedication.wordpress.com, buku pengantar bisnis responterhadap dinamika global, zaicorp-zaicrop.blogspot.com,vuline.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar